Menjaga Semangat di Tengah Kesibukan Akademis dan Profesional

08 Jul 2024 G-Trust Learning

Vera Yunita Aryani adalah seorang mahasiswa yang berprestasi dengan semangat profesionalisme yang tinggi. Saat ini, ia tengah menempuh pendidikan S1 Manajemen di Universitas Singaperbangsa Karawang. Di usianya yang masih muda, Perempuan kelahiran Majalengka, 24 september 2002 tersebut telah menunjukkan kemampuan luar biasa dalam mengelola waktu antara tugas-tugas akademis dan tanggung jawab profesional.

Baca juga: Tips Menulis Resume Profesional Setelah Mengikuti Pelatihan Prakerja

Mengelola waktu dengan baik adalah kunci keberhasilan Vera. "Cara yang aku terapkan untuk bisa mengelola waktu tentunya dengan menentukan skala prioritas dan menetapkan waktu yang ideal, kapan aku harus fokus berkuliah atau bekerja," kata Vera. Ia menggunakan metode to-do list untuk memastikan tidak ada tugas yang terlewat dan agar pekerjaannya lebih efisien.

Bagi Vera, rahasia di balik kemampuan menyeimbangkan studi dan karier adalah fokus pada tujuan awal. "Selalu fokus pada tujuan awal kenapa aku bisa sampai di posisi ini. Dengan teringat dengan tujuan dan visi yang ingin ku capai kedepannya bisa lebih membantu dalam menjadi penyeimbang antara studi dan pekerjaan," jelasnya.

Motivasi Vera untuk tetap produktif didasarkan pada prinsip bahwa apa yang sudah ia mulai harus diakhiri. "Berada di posisi saat ini adalah pilihan dan keinginan dari dulu. Jadi aku bisa terus termotivasi karena ini adalah responsibility, dan suka tidak suka harus selalu ku kerjakan dan selesaikan sebaik mungkin," ungkapnya.

Pencapaian terbesar bagi Vera adalah kesempatan untuk bekerja dan belajar dengan orang-orang hebat di G-Trust. "Bisa berada di posisi sekarang, berkesempatan bekerja dan belajar dengan orang-orang hebat di G-Trust menjadi kebanggaan tersendiri di usia ku sekarang. Banyak insight yang bisa diambil bukan hanya untuk pengembangan karier namun juga karakter pribadi," katanya.

Baca juga: Sosok Inspiratif di Balik Kesuksesan Profesional dan Olahraga

Menghadapi situasi yang menuntut multitasking, Vera selalu membuat skala prioritas dan melihat urgensi pekerjaan. "Membuat skala prioritas dan melihat urgensi pekerjaan mana yang harus ku selesaikan terlebih dahulu. Jika memungkinkan melakukan di waktu yang bersamaan bisa dilakukan tapi tetap akan salah satu yang dioptimalkan melihat dari urgensinya," tuturnya.

Vera memiliki ambisi besar dalam karir profesionalnya. "Bisa terus mengembangkan karir dan bekerja di perusahaan yang bisa memberikan kesempatan untuk terus berkembang, berada di posisi yang diinginkan dan bekerja di bidang yang aku fokuskan," ujarnya.

Pengalaman sebagai mahasiswa berprestasi memberikan banyak pelajaran berharga bagi Vera dalam bekerja. "Karena saat ini aku bekerja di posisi yang berhadapan langsung dengan peserta, pelajaran/teori yang paling sering diterapkan adalah terkait manajemen pemasaran jasa. Selain itu, kemampuan komunikasi, belajar mandiri, dan analitis sangat membantu di dunia kerja," jelasnya.

Mengelola waktu antara tugas kuliah dan pekerjaan tidak selalu mudah. "Kadang aku masih sulit dalam menentukan skala prioritas terhadap apa yang harus didahulukan. Kuncinya adalah dengan memberikan kekuatan kepada diri sendiri bahwa semua tugas bisa diselesaikan jadi harus di-break down satu per satu dengan rinci supaya tidak ada yang terlewat," kata Vera.

Vera percaya bahwa kesulitan yang dihadapi sekarang akan membuahkan hasil yang manis di masa depan. "Semangat dan motivasi tidak bisa selamanya berada di fase tinggi, karenanya penting untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk beristirahat supaya semangat dan motivasinya tidak cepat turun dan energinya bisa di-boost kembali untuk bekerja dan kuliah," tuturnya.

Baca juga: Empowering Women: Mengubah Hidup Lewat Pelatihan di G-Trust Learning

Bagi mahasiswa lain yang ingin mencapai kesuksesan, Vera memberikan nasihat berharga. "Jangan takut untuk memulai upgrade diri dengan ikut terlibat di luar kampus seperti magang, ikut bootcamp, dan bekerja. Karena di masa ini adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan skill, belajar banyak hal baru, dan menjalin relasi dengan orang-orang hebat. Proses mencapai kesuksesan itu bukanlah masa yang pendek, melainkan panjang dan penuh tantangan. Jadi tetap fokus pada tujuan, bersemangat, dan jadilah fleksibel untuk belajar dan beradaptasi," pesannya.

Dengan dedikasi dan sikap positif, Vera Yunita Aryani menunjukkan bahwa kesuksesan dalam akademis dan karir profesional dapat dicapai melalui manajemen waktu yang baik, fokus pada tujuan, dan semangat untuk terus belajar dan berkembang.

Ingin Kerja Sama dengan Kami?

Bergabung bersama kami dalam mewujudkan generasi gemilang.

Ingin dapat uang tambahan?

Jadi mitra G-Trust Learning dan dapatkan banyak keuntungan sekarang!

suitable-img
Webinar Panduan Mendaftar Prakerja

Pendampingan agar kamu bisa lolos Program Kartu Prakerja

suitable-img