Berikut ini Cara Verifikasi Swafoto (Selfie) Prakerja yang Benar

19 Jun 2024 G-Trust Learning

Program Prakerja diluncurkan oleh pemerintah pada tahun 2020 untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerja masyarakat Indonesia.

Baca juga: Mau Mengganti Rekening Prakerja? Berikut Ini Caranya

Program ini terutama ditujukan bagi pencari kerja berusia di atas 18 tahun, karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan mereka yang ingin memulai usaha sendiri. Salah satu langkah dalam pendaftaran adalah melakukan swafoto.

Saat mendaftar akun Prakerja, melakukan swafoto atau selfie adalah salah satu langkah penting yang harus dilakukan dengan benar agar pendaftaran dapat segera diproses dan akun aktif.

Lalu, bagaimana cara melakukan swafoto yang tepat untuk akun Prakerja? Agar proses verifikasi berjalan lancar, ikuti panduan berikut ini.

Langkah-langkah Verifikasi Swafoto Prakerja yang Benar

Berikut adalah tujuh langkah verifikasi swafoto untuk Prakerja:

1. Gunakan Kamera Ponsel

Pendaftaran akun Prakerja bisa dilakukan melalui ponsel atau komputer, namun swafoto sebaiknya menggunakan kamera ponsel. Pastikan ponsel dipegang tegak lurus dan tidak goyang agar hasil foto jelas dan tidak buram.

2. Cahaya yang Baik

Lakukan swafoto pada pagi atau siang hari ketika cahaya alami masih terang. Jika di dalam ruangan atau malam hari, pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup agar wajah terlihat jelas. Foto hanya akan diterima jika hasilnya jelas.

Baca juga: Cara Menyelesaikan Kelas Prakerja yang Belum Selesai

3. Wajah Mengisi 80% Frame

Wajah harus mengisi sekitar 80% dari frame. Biasanya akan ada garis putus-putus sebagai panduan. Pastikan wajah berada di dalam garis tersebut, jangan terlalu dekat atau terlalu jauh dari kamera.

4. Tanpa Aksesori yang Menutupi Wajah

Wajah harus terlihat jelas untuk verifikasi. Jangan memakai aksesori yang menutupi wajah, seperti kacamata hitam, masker, topi, dan lainnya.

5. Senyum Natural

Meski foto cukup formal, peserta boleh tersenyum. Senyuman membuat foto terlihat ramah dan tidak kaku. Pastikan posenya tetap tegak lurus dan tidak berlebihan.

6. Tidak Perlu Membawa KTP

Swafoto untuk akun Prakerja hanya membutuhkan foto wajah, bukan foto bersama KTP. Verifikasi KTP sudah dilakukan pada tahap sebelumnya.

7. Koneksi Internet Stabil

Pastikan koneksi internet yang digunakan stabil saat mengambil dan mengunggah swafoto agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Pendaftaran Prakerja harus dilakukan dengan data diri yang akurat agar bisa mendapatkan sertifikat penyelesaian pelatihan dan sertifikat kelulusan. Swafoto adalah langkah penting dalam verifikasi data, jadi pastikan dilakukan dengan baik agar hasilnya jelas.

Baca juga: Penting! Solusi Sertifikat Prakerja Tidak Muncul Pada Dashboard

Ingin Meningkatkan Keterampilan Anda?

Untuk memaksimalkan manfaat dari Program Prakerja, pastikan Anda mengikuti kelas-kelas pelatihan yang berkualitas. G-Trust Learning adalah lembaga penyedia latihan yang menawarkan berbagai kursus untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Daftar sekarang dan mulai perjalanan Anda menuju masa depan yang lebih cerah!

Ingin Kerja Sama dengan Kami?

Bergabung bersama kami dalam mewujudkan generasi gemilang.

Ingin dapat uang tambahan?

Jadi mitra G-Trust Learning dan dapatkan banyak keuntungan sekarang!

suitable-img
Webinar Panduan Mendaftar Prakerja

Pendampingan agar kamu bisa lolos Program Kartu Prakerja

suitable-img